Pages

14 Januari 2011

Berwirausaha

2 Comments

Aah, di tengah-tengah siang bolong di kost-kost.an, tiba-tiba saya terpikir sesuatu. Sesuatu yang membuat saya kadang-kadang merasa menjadi manusia tidak berguna dikala di waktu nganggur atau kosong, tepatnya hari Sabtu dan Minggu disaat perkuliahan istirahat (bakal nambah hari Jumatnya tuh, karena mentoring yang biasanya diadain hari Jumat uda selesai -,-). Pada bingung kan, seharusnya senang bukan main toh, hari libur, tidak ada kerjaan, maen-maen, ngeluyur kemana pun sesuka hati, gak kepikiran tugas.. Tetapi ada apa dengan saya? Kenapa saya malah bingung dan kadang-kadang (mayoritas sering sih tapi) marah-marah gak jelas kalo hari itu? what happen with me? Begini-begini, mari saya jelaskan disini.

Yaa.. karena saya bukan tipe anak yang suka diam sendiri di rumah.. saya suka melakukan suatu hal yang, hmm.. sebenernya sepele, tetapi bagi saya itu sudah luar biasa untuk mengisi kekosongan jam yang ada. Biasanya sih, di hari Sabtu dan Minggu, pekerjaan saya cuma nyuci-nyuci, nyeterika tumpukan baju yang sudah di seterika berkali-kali tapi tetep aja masih lucek kayak orangnya, nonton tipi yang acaranya makin tambah gak jelas aja, nyapu-nyapu. Nah, itu sudah mending ada kerjaan.. Bagaimana kalau semua pekerjaan itu sudah selesai dan sama sekali gak ada pekerjaan? Dibuat tidur? Aah, bukan jawaban yang bener (jelas-jelas gak ngantuk kok dibuat tidur. Adanya pusing bangun-bangun nanti). Dibuat baca buku? Aduh, please deh! Sekali-kali gak megang buku dan melihat pemrograman kenapa sih huhu. Ya akhirnya setelah berpikir keras sampai otak panas (hahaha lebay), karena sekalipun gak punya tempat tujuan buat disamperin (ke Matos? Kagak ada duit! Ke rumah temen? Rumah sabahabatku yang deket-deket dan bisa aku jangkau cuma 2 orang yang tahu.. Dan salah satunya, yang biasanya kost-kostannya aku pake buat nginep kalau pulang malem, kalau hari Sabtu-Minggu pulkam. Ke Perpustakaan Umum? Alternatif bagus, tapi sama siapa saya kesana? Lagian apa gak tutup ya hari-hari itu?? T.T), akhirnya pun saya menuangkan semuanya sama handphone, sms-sms gak jelas ke semua orang yang bisa aku buat pelampiasan marah (maaf ya maaaaass :p), kalau gak gitu --ketika keberuntungan ada di tangan saya-- ya online aja dari pagi sampai malem tiba, tergantung modem dibawa siapa (-.-.-.-.-_____-.-.-.-.-) *nestapa*


Yeah, sebenernya pikiran ini uda muncul luamaaaaa sekali di dalam otak saya, tapi bingung bagaimana harus memulainya. Ya, apa kalian semua tahu? Yups, BERWIRAUSAHA. Melakukan pekerjaan iseng-iseng-lah, tapi yang menghasilkan duit. Sedikit-dikitlah bantu orang tua di Surabaya, seenggaknya tidak membebani mereka buat uang jajan (maklum, hobi saya jajan).

Sebenernya mudah sih dipikir-pikir untuk memulai itu, tapi kenapa ya selalu saja ada hambatannya. Pertama, saya gak ada modal. Kedua, saya tidak punya ketrampilan apa-apa. Hmm.. sebenernya permasalahan nomer dua itu bisa digali sendiri sih dengan cara membeli buku-buku ketrampilan gitu di toko buku. Tapi kenapa ya, setiap rencana yang ingin saya ciptakan, selalu saja nihil dilaksanakan kalau gak ada temen yang mendukung. Kesananya lho naik apa, dengan siapa? Kalau aku nyasar gimana? Aku kan orang perantauan.. Gak lucu pek ceritanya kalo tiba-tiba ngilang tanpa jejak (halah lebay!). Dan tololnya seorang Laras disini adalah, padahal uda dua kali main ke Matos, uda dua kali main ke Toga Mas, tapi kenapa.. Kok ya gak hafal-hafal sama jalan menuju kesana? *dungu* (mulai deh menyalahkan diri sendiri).

Begini-begini, sebenernya saya nulis ini mau curhat, sekalian minta saran terbaik sih.. Enaknya bagaimana. Berikut hal-hal kecil yang ingin saya lakukan di waktu kosong saya:

1. Bisnis Aksesoris
Dari judul diatas, sudah pada tahu kan ini semua mau menuju kemana? Yups, bisnis aksesoris disini adalah membuat kalung, gelang, atau mungkin cincin dan anting dengan menggunakan monte-monte yang lucu dan warna-warni. Kebetulan pula saya suka mengoleksi begituan..

2. Bisnis Flanel
  Yups, disini saya ingin jahit-menjahit dengan perantara kain flanel sebagai bahan utamanya. Sekarang musim toh, membuat pin, kalung, bando, gantungan kunci, tempat tisu, atau mungkin tas menggunakan kain flanel. Yaa meskipun saya nihil sama sekali pengetahuan tentang jahit-menjahit, apa sih yg salah kalau belum dicoba? *positive thinking*



3. Bisnis Kue Kecil
Hahaha hampir tertawa terbahak-bahak saya memikirkan hal ini. Gimana enggak toh, wong saya ini gak bisa masak --paling banter bisa masak telur, nasi, mie instan, air hahaha-- ini mau buat kue? Hah, tapi buru-buru saya buang jauh-jauh pikiran jauh itu.. *positive thinking again*


 Aku minta tolong buat siapapun yang baca yaa, komen ini. Aku bener-bener minta saran. Saran apapun yang kalian semua berikan, saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya :)



2 komentar:

*flamella* 20 Mei 2011 00.44

Lagi nyari aksesoris utk bikin proyek kreatif juga..eh nyasarnya ke sini.. hehe.. ;)
Slm kenal.. smoga udah tau bisnis apa yg dimau ya..sapa tau bisa join. Coz kebetulan sering ke Sby jg... ;)

Posting Komentar